Quran Audio Records

Disclaimer

Penulis baru berhasil mengkhatamkan Al Quran dengan bacaan qira’ah Imam ‘Ashim riwayat Hafs (talaqqi bin nadzar dan talaqqi bil hifdzi) saja. Mengenai bacaan qira’ah Imam Nafii’ riwayat Warsy, penulis hanya pernah belajar. Pernah belajar qira’ah sab’ah (secara teori) dan mempraktikan qira’ah Warsy saja pada beberapa surat juz ‘amma dan awal-awal al Baqarah.

Untuk rekamannya, penulis berusaha menyediakan dengan 3 tingkatan dalam membaca Al Qurannya yaitu Tartil, Tadwir, dan Hadr. Perlu diketahui ada 4 macam tingkatan membaca Al Quran, singkatnya bisa disimak sebagai berikut:

  1. Tahqiq, sangat lambat, biasa digunakan saat belajar pertama kali Al Quran. Bertujuan agar bisa membaca tiap huruf dengan makhraj dan bacaan tajwid yang tepat.
  2. Tartil, ini yang paling dianjurkan dalam membaca Al Quran. Masih lambat, namun lebih cepat dari tahqiq, tetap menjaga ketepatan makharijul huruf dan tajwidnya. Bertujuan untuk menghayati bacaan dan memahami maknanya juga.
  3. Tadwir, tidak pelan, namun tidak cepat. Umumnya MP3 murottal menggunakan tingkat kecepatan ini.
  4. Hadr, membaca Al Quran dengan cepat, namun tidak melanggar aturan tajwid yang berlaku. Umumnya digunakan untuk muraja’ah dalam tempo singkat.

Hafs

Biriwayati Hafs ‘an ‘Ashim Al Kufi (dengan riwayat Hafs dari qira’at Imam ‘Ashim dari Kufah)

Uploading

Warsy

Biriwayati Warsy ‘an Naafi’ Al Madany (dengan riwayat Warsy dari qira’at Imam Naafi dari Madinah) 

Uploading

About Qira'ah Sab'ah

Still writing…

Download Mushaf

Uploading